Program Astra Sehat PT WKP Sasar Posyandu

Penajam – PT Waru Kaltim Plantation rutin melaksanakan program Astra Sehat di Penajam Paser Utara (PPU). Salah satunya kegiatan pos pelayanan terpadu (posyandu) balita maupun lansia.

Seperti kegiatan yang dilakukan di Posyandu SAMA TAKA Dusun Gunung Batu Desa Sesulu Kecamatan Waru, Rabu (18/5). Acara yang dilakukan mulai pukul 09.00 – 11.30 Wita, sebanyak 19 lansia mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut perusahaan menugaskan seorang dokter didampingi Asisten CSR untuk andil dalam kegiatan posyandu lansia hari itu.

Adapun fasilitas dukungan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi yang langsung ditangani oleh tenaga kesehatan dari dokter Polibun PT WKP (Astra Group), dr Fajar Ramadhan dan berkolaborasi dengan 3 tenaga medis dari PKM Waru, meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat, dan gula darah.

Tidak hanya di tempat pelaksanaan, program ini juga memfasilitasi langsung lansia yang tidak dapat mengunjungi lokasi pelaksanaan posyandu. Seperti memberikan pelayanan langsung di rumah salah satu warga RT 7, Sadimin dan Dariyem (pasangan suami istri) yang menderita lumpuh.

Emy Susanti, salah satu tenaga medis PKM Waru, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada manajemen PT WKP yang selalu konsisten membina dan memberikan bantuan kepada seluruh posyandu binaan.

“Khususnya posyandu SAMA TAKA di Dusun Gunung Batu desa Sesulu dimana posyandu ini melayani warga yang berasal dari RT 07 dan RT 08,” ungkap dia.

Dalam kegiatan itu, dilakukan pula penyerahan bantuan perlengkapan posyandu berupa 1 papan informasi, 1 papan organisasi posyandu, 1 papan organisasi BKB, 1 papan kerja, 1 plang BKB. Kemudian juga 2 buah spanduk imbauan dan sosialisasi warga untuk datang ke posyandu serta dilakukan penyerahan PMT lansia (yang dilakukan secara rutin setiap bulan).

Eko Andrianto selaku Administratur PT WKP mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap kesehatan masyarakat di PPU. Juga sebagai bentuk kepedulian PT WKP terhadap kesehatan masyarakat desa ring-1 perusahaan khususnya.

“Kunjungan dan sekaligus pemeriksaan lansia ini dilakukan secara rutin oleh perusahaan. Kegiatan ini juga salah satu dari beberapa bentuk pelaksanaan program Astra Sehat,” jelasnya.

Zakaria selaku asisten CSR menambahkan, kegiatan Astra Sehat, khususnya posyandu balita maupun lansia, merupakan salah satu kegiatan CSR rutin bulanan.

Adapun PT WKP memiliki 14 posyandu binaan (posyandu eksternal) yang tersebar di 4 desa ring-1 yaitu 2 posyandu di Desa Api Api, 3 posyandu di Desa Sesulu, 5 posyandu di Kelurahan Waru dan 4 posyandu di Desa Bangun Mulya.

“Dari ke-14 posyandu tersebut terdapat 84 kader posyandu, 1.027 balita dan 592 lansia,” tutupnya. (sumber: https://mediakaltim.com/program-astra-sehat-pt-wkp-sasar-posyandu/)