Sejumlah ASN BKKBN Kaltim Ikut Penilaian Kompentensi dengan Metode Situasional Judgement Test (SJT)

Samarinda – Dalam rangka mendukung terwujudnya manajemen talenta di lingkungan BKKBN, Biro Sumber Daya Manusia BKKBN Republik Indonesia menggelar penilaian kompetensi ASN dengan metode Situasional Judgement Test (SJT). Untuk di Provinsi Kalimantan Timur, penilaian ini diikuti oleh sejumlah Sub Koordinator dan Fungsional Ahli Muda pada 3 dan 7 Juni 2022 di Gedung Bangga Kencana Kantor Perwakilan BKKBN.

Sebagaimana Peraturan BKKBN No. 5 Tahun 2020, Manajemen Talenta adalah sistem manajemen karier ASN yang meliputi tahapan akuisisi, pengembangan, retensi, dan penempatan yang diprioritaskan untuk menduduki Jabatan Target berdasarkan tingkatan potensial dan kinerja tertinggi melalui mekanisme tertentu yang dilaksanakan secara efektif dan berkelanjutan.

Keberadaan manajemen talenta memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan pelaksanaan sistem merit. Seperti tercantum pada PP No. 11/2017 tentang Manajemen PNS, Manajemen Talenta menjadi salah satu kriteria dari sistem merit.

Dalam kesempatan berbeda, sebelumnya Kepala Biro Sumber Daya Manusia BKKBN Republik Indonesia, Viktor Hasiholan Siburian, SE. M,Si., menyampaikan bahwa Penilaian Kompetensi ASN dengan SJT merupakan sebuah langkah awal yang besar untuk membangun kualitas seluruh ASN BKKBN dengan mengukur kompetensi manajerial dan sosial kultur.

“Penilaian Kometensi ASN adalah satu step penting yang harus dilaksanakan oleh Pegawai BKKBN. Ini semua dilakukan demi membangun kualitas kinerja BKKBN,” katanya. (Rapsmoau, Dokumentasi: Khairunnisa)