Peringatan HUT IBI di Kota Samarinda Diwarnai Gebyar Pelayanan KB

Samarinda – Dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidang Indonesia (IBI) Ke-71 Tahun 2022 ini, Pengurus Cabang IBI Kota Samarinda menggelar Gebyar Pelayanan Keluarga Berencana (KB). Gebyar pelayanan ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Samarinda saja tetapi digelar secara nasional di seluruh provinsi di Indonesia dari tanggal 18 April ssampai dengan 31 Mei 2022.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Hj. Karlina K., mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk kerja sama antara BKKBN dan IBI dalam mencapai target pelayanan pemberian KB kepada masyarakat.

“Sebagian besar atau sekitar 80 persen dari Pelayanan KB dilakukan oleh bidan. Bidan adalah garda terdepan dan ujung tombak yang tidak hanya memberikan pelayanan tapi juga mengelola pelayanan. Oleh karena itu, kami harap kerjasama BKKBN dan IBI bisa terus terjalin dan berjalan beriringan, terutama dalam hal pelayanan KB kepada masyarakat,” kata Karlina saat mengikuti seremonial peringatan HUT IBI tersebut di Klinik Hj. Ninik Kustiani, Loa Janan Ilir, Samarinda pada Sabtu (14/5).

Lebih lanjut diungkapkan Karlina bahwa selain berdampak pada kondisi sosial dan ekonomi, Pandemi Covid-19 juga berdampak pada penyelenggaraan pelayanan KB kepada masyarakat.

“Keterbatasan layanan di fasilitas kesehatan, kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi petugas pelayanan KB, hingga penerapan layanan dengan protokol kesehatan menjadi tantangan yang dihadapi saat ini. Belum lagi soal meningkatnya kehamilan yang tidak diinginkan beberapa wilayah sebagai akibat dari penurunan kesertaan masyarakat ber-KB dan peningkatan angka putus pakai kontrasepsi,” ungkapnya.

Padahal pencapaian Program KB dalam Percepatan Penurunan Stunting sangat ditentukan oleh kesertaan masyarakat ber-KB terutama Pasangan Usia Subur (PUS). Selain itu, komitmen dari Peserta KB Aktif juga perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan peningkatan angka putus pakai dalam ber-KB.

“Saya harap melalui momentum HUT IBI Ke-71 Tahun 2022 ini dapat meningkatkan capaian pelayanan KB kepada masyarakat. Untuk Kota Samarinda sendiri pada tahun ini ditargetkan sebanyak 9.651 Akseptor KB. Semoga gebyar ini akan memberikan daya ungkit capaian Peserta KB di Kota Samarinda,” harap Karlina.

Hadir dalam seremonial di Loa Janan Ilir antara lain Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Samarinda beserta beberapa orang jajarannya, Pengurus Daerah IBI Provinsi Kalimantan Timur, dan Penyuluh KB/PLKB Kota Samarinda.(Rapsmoau, Dokumentasi: PC IBI Kota Samarinda dan DPPKB Kota Samarinda)