Tim Pendamping Keluarga Siap Mengambil Peran dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kaltim dan Kaltara

Samarinda – Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur bersama Sekretaris Daerah, Ketua Tim Penggerakan PKK, dan jajaran Forkopimda Kota Samarinda, mengikuti Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga (TPK) Nusantara Bergerak secara daring di Ruang Rapat Mangkupalas, Kantor Wali Kota Samarinda, Kamis (12/5).

Ditemui sehabis mengikuti acara tersebut, Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Hj. Karlina K., S.Sos., mengatakan kegiatan Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak bertujuan untuk meningkatkan komitmen seluruh anggota TPK dalam sebuah gerakan pendampingan keluarga sebagai upaya percepatan penurunan angka stunting di Indonesia, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

TPK nantinya akan mengambil peran sebagai ujung tombak percepatan penurunan stunting melalui sebuah gerakan pendampingan calon pengantin, keluarga dengan ibu hamil, keluarga dengan ibu pasca melahirkan, dan keluarga dengan bayi berusia di bawah dua tahun dengan tujuan untuk mengurangi dan mencegah stunting, utamanya di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Kegiatan apel siaga ini diharapkan akan menjadi titik awal semangat bagi TPK untuk bergerak dalam melakukan pendampingan terhadap keluarga beresiko stunting¬† di tingkat desa/kelurahan, berkolaborasi bersama dengan lintas tenaga lini lapangan dan masyarakat sehingga upaya percepatan penurunan stunting dapat mencapai target yang disasar,” kata Karlina.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan Data Pendataan Keluarga 2021 (PK21) Keluarga Berisiko Stunting di Kota Samarinda kepada perwakilan anggota TPK, pembacaan ikrar komitmen bergerak Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Samarinda, dan simulasi pelaksanaan pendampingan dan pengisian elsimil oleh TPK Kota Samarinda. (Rapsmoau, Dokumentasi: Della)