Tidur Siang dan Manfaatnya untuk Anak Anda

Apa manfaat tidur siang untuk anak?
Pada dasarnya, anak-anak membutuhkan waktu tidur lebih banyak dari orang dewasa. Oleh karena itu, salah satu cara memenuhi kebutuhan waktu tidur adalah dengan tidur siang.Selain memenuhi kebutuhan waktu tidur anak, ada berbagai manfaat tidur siang bagi anak yang bisa diperoleh. Berikut adalah manfaat tidur siang untuk anak yang perlu orang tua ketahui.

1. Membuat anak tidur lebih nyenyak malam hari
Manfaat tidur siang untuk anak yang utama adalah bisa membuat mereka lebih mudah dan nyenyak tidur di malam hari. Jika tidak tidur siang, anak akan merasa terlalu lelah. Alhasil, anak Anda akan sulit tidur di malam hari.Namun terkadang, rasa lelah yang berlebihan memungkinkan mereka tidur malam lebih cepat. Bila demikian, anak bisa bangun terlalu siang atau justru tidak sempat belajar atau makan malam.
2. Mengurangi rasa lelah dan mengembalikan energi
Belajar atau bermain sejak pagi sangat mungkin membuat tubuh anak Anda lelah sehingga butuh waktu untuk beristirahat. Nah, tidur siang bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan rasa lelah.Beristirahat juga menjadi peluang bagi tubuh Si Kecil untuk mengisi energi yang hilang sehingga ia dapat kembali beraktivitas dengan semangat.
3. Mendukung proses belajar anak
Manfaat tidur siang untuk anak ternyata dapat membantu mereka lebih fokus dalam mengingat hal-hal yang sudah mereka pelajari.Hal ini didukung oleh sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Massachusetts dan dimuat dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.Mereka melibatkan 40 orang anak usia prasekolah untuk mengerjakan sebuah permainan memori pada pagi harinya.
Kemudian, mereka diminta untuk tidur siang kurang lebih selama 1 jam 15 menit. Setelah tidur siang, peneliti mempertanyakan kembali ‘tugas’ yang telah dilakukan oleh peserta.Peneliti juga mengambil data anak-anak pada 24 jam setelahnya. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa mereka yang tidur siang memiliki daya ingat lebih baik.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, anak-anak memiliki daya ingat 10% lebih banyak setelah tidur siang daripada sebelumnya.Itu artinya, anak yang rutin tidur siang cenderung memiliki daya ingat dan fokus lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak rutin tidur di siang hari.
4. Menjaga berat badan anak
Tahukah Anda jika manfaat tidur siang bagi anak ternyata baik untuk menjaga berat badannya agar tetap sehat dan ideal?Ya, sebuah studi yang menyatakan bahwa anak yang kurang tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur akan lebih mudah mengalami obesitas. Hal ini karena kecenderungan anak-anak untuk makan lebih banyak saat ia merasa lelah.Sejumlah studi lain juga menyebutkan bahwa ketika mengalami peningkatan nafsu makan, mereka pun cenderung memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang kurang baik.Belum lagi, kelelahan juga dapat membuat anak Anda menjadi kurang aktif sehingga berat badan menjadi lebih mudah naik.
5. Meningkatkan suasana hati
Manfaat tidur siang untuk anak juga dapat menjaga dan memperbaiki suasana hati mereka. Dengan demikian, ia tidak akan rewel ataupun mudah menangis.Hal ini dibuktikan dalam sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti di University of Colorado at Boulder yang menyatakan, anak di bawah usia 2 tahun (balita) yang tidak terbiasa tidur siang akan lebih mudah gelisah, rewel, menangis, serta memberikan reaksi yang lebih buruk terhadap hal-hal yang kurang menyenangkan.
Aturan jam tidur siang yang baik untuk anak
Agar mendapat manfaatnya secara optimal, orang tua perlu mengetahui aturan jam tidur yang baik untuk anak. Bagaimana aturan tidur siang untuk anak?Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus mengenai berapa lama anak perlu tidur siang. Durasi tidur siang yang dibutuhkan anak cenderung berbeda-beda sesuai dengan usianya.Berikut adalah aturan jam tidur siang yang baik untuk anak rekomendasi para ahli.
1. Bayi baru lahir
Bayi baru lahir umumnya menghabiskan sebagian besar aktivitasnya untuk tidur. Pada usia ini, bayi membutuhkan waktu tidur selama 14-17 jam dalam satu hari.Lama durasi tidurnya berlangsung antara 30 menit hingga 2 jam. Pada masa ini, mereka biasanya hanya terbangun selama 1-2 jam, lalu kembali tidur.
2. Bayi usia 3-6 bulan
Setelah melewati usia beberapa bulan, bayi dapat tidur siang sebanyak 2-4 kali dalam sehari. Tidur siang dapat berdurasi selama 30 menit hingga 2 jam. Aturan tidur siang untuk anak ini dapat bertahan hingga usianya beranjak 1 tahun.
3. Bayi dan balita
Anak 1-2 tahun perlu tidur selama 12-14 jam dalam sehari. Kebutuhan tidur ini bisa dipenuhi dengan tidur siang.Sebelum usia 2 tahun, sebagian besar anak dapat mengurangi jatah tidur siangnya. Jika sebelumnya bisa sampai 2 kali sehari, kini hanya satu kali saja.Meski hanya satu kali, tidur siang pada anak usia ini durasinya bisa cukup lama, yakni sampai 3 jam lamanya.
4. Anak prasekolah (3-5 tahun)
Setelah di atas usia 2 tahun sebenarnya anak-anak tidak membutuhkan tidur siang. Namun, tak ada salahnya para orang tua membujuk anaknya agar tidur siang.Pada usia ini, anak-anak membutuhkan waktu tidur selama 11-13 jam sehari. Meski begitu, anak prasekolah lebih baik mendapatkan durasi tidur di malam hari yang lebih lama dibandingkan tidur siang.Jika anak prasekolah tidak bisa tidur di malam hari karena mereka terlalu lama tidur siang, mungkin sudah saatnya Anda mengurangi atau membatasi jam tidur siang mereka. Namun, pastikan juga mereka tidur lebih cepat di malam hari.
5. Anak usia sekolah (6-12 tahun)
Ketika anak berusia 5 tahun ke atas, sebagian besar dari mereka sudah tidak membutuhkan durasi jam tidur siang yang lama.Akan tetapi, jika anak merasa lelah setelah sekolah dan melakukan aktivitas lainnya, Anda boleh membujuk mereka untuk selama 30 menit agar tidak mengganggu jam tidur mereka di malam hari.