Manfaat Bersepeda di Pagi Hari, Lebih Baik dari Malam Hari ?

Ada banyak manfaat bersepeda di pagi hari untuk kesehatan fisik dan mental. Bersepeda merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang mudah dilakukan, murah dan juga ramah lingkungan.
Manfaat bersepeda di pagi hari
Ada banyak manfaat bersepeda di pagi hari bagi kesehatan Anda, seperti:
1. Memperkuat otot kaki
Mengayuh sepeda merupakan latihan yang baik untuk memperkuat otot kaki tanpa memberikan tekanan yang berlebihan. Bersepeda dapat memperkuat otot di paha depan, paha belakang, bokong, dan betis.
2. Meningkatkan kesehatan jantung
Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga kardio, sehingga bersepeda di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan jantung. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan sepeda tidak hanya pada saat berolahraga, tapi juga sebagai pilihan kendaraan untuk ke tempat kerja, sekolah, ataupun tujuan lainnya.
3. Memperkuat otot inti
Manfaat bersepeda yang bisa Anda dapatkan salah satunya adalah melatih tubuh bagian atas. Sebab, saat bersepeda Anda perlu berusaha menjaga sepeda tetap di posisi yang tepat. Ini akan membuat otot-otot bekerja lebih keras. Selain memperkuat otot inti, bersepeda di pagi hari juga dapat memperkuat punggung.

4. Menjaga tekanan darah
Bersepeda dapat membantu menurunkan tekanan darah selama periode waktu tertentu hingga 4,3% setelah 3 bulan, dan 11,8% setelah 6 bulan. Tekanan darah terkontrol dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
5. Menjaga berat badan ideal
Manfaat bersepeda di pagi hari yang mungkin membuat banyak orang tertarik adalah kemampuannya dalam menurunkan atau mengontrol berat badan agar ideal. Bersepeda mampu membakar hingga 300 kalori per jam, meningkatkan laju metabolisme, membangun otot dan membakar lemak tubuh.
6. Meningkatkan kesehatan paru-paru
Berolahraga termasuk bersepeda secara rutin bisa membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Melakukan kegiatan fisik juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga risiko terkena infeksi pernapasan bisa menurun.

7. Kesehatan mental
Manfaat bersepeda di pagi hari juga bisa dirasakan secara psikologis. Dengan bersepeda, maka fungsi kognitif akan meningkat. Olahraga teratur seperti rutin bersepeda dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi.
8. Meningkatkan kebugaran tubuh
Semua olahraga tentu baik untuk kesehatan, namun bersepeda dianggap lebih menyehatkan dibanding beberapa jenis olahraga lain. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering bersepeda biasanya lebih bugar jika dibandingkan orang yang melakukan aktivitas fisik lainnya.
Kelebihan bersepeda di pagi hari
Beberapa kelebihan bersepeda di pagi hari adalah sebagai berikut:
• Mendapatkan tambahan endorfin di pagi hari, yang berarti Anda memulai hari dengan suasana hati yang lebih baik.
• Berolaharaga selama 45 menit di pagi hari akan membuat Anda lebih mampu menahan godaan untuk makan berlebihan.
• Memulai hari dengan aktivitas fisik akan mendorong Anda menjadi lebih aktif bergerak di sepanjang hari.
• Dapat meningkatkan metabolisme sehingga mampu membakar kalori lebih banyak sepanjang hari
• Anda akan memiliki kualitas tidur lebih baik jika dibandingkan orang yang berolahraga di malam hari
Pagi hari memang bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda. Namun tidak sedikit orang yang kesulitan menyisihkan waktunya, terutama pada hari kerja. Maka bagi sebagian orang, bersepeda di pagi hari sulit untuk dijadikan rutinitas.

Kelebihan bersepeda di malam hari
Malam hari juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda. Melakukannya di malam hari memiliki beberapa keuntungan, antara lain:
• Kemampuan performa tubuh dianggap mencapai puncaknya saat petang. Termasuk kekuatan otot dan ketahanan dalam berolahraga.
• Tubuh berolahraga paling efektif antara jam 2-6 sore, saat suhu tubuh paling tinggi sepanjang hari.
• Saat malam hari, Anda dalam kondisi paling tanggap dan awas.
• Detak jantung dan tekanan darah lebih rendah pada malam hari, dimana hal ini dapat menurunkan risiko cedera saat bersepeda.
Meskipun demikian, bersepeda di malam hari mungkin dapat membuat Anda sulit tidur. Maka sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk bersepeda di malam hari agar tidak mengganggu jadwal tidur Anda.