Manfaat Jeruk Nipis untuk Ibu Hamil

Banyak anjuran dan pantangan selama kehamilan yang cukup membingungkan, termasuk jenis makanan dan buah-buahan yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi. Jeruk nipis mungkin menjadi salah satu buah yang sering tebersit ketika ibu hamil merasa mual. Selain mengatasi mual, jeruk nipis untuk ibu hamil juga banyak manfaatnya, apa saja?

Manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil
Buah mungil dengan rasa asam dan menyegarkan ini ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali untuk ibu hamil. Beberapa manfaat jeruk nipis untuk ibu hamil antara lain:
1. Mengatasi konstipasi
Konstipasi, sembelit, atau susah buang air besar merupakan salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi susah BAB saat hamil, Anda bisa lebih banyak minum air dan mengonsumsi makanan berserat tinggi.Jeruk nipis memang dikenal dengan kandungan vitamin C-nya. Akan tetapi, jeruk nipis juga punya kandungan serat yang bisa berguna untuk memperlancar sistem pencernaan ibu hamil.
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Selama hamil, tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit, seperti pilek. Untuk itu, ibu hamil membutuhkan nutrisi dari makanan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu manfaat jeruk nipis datang dari kayanya kandungan antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C, flavonoid, asam fenolik, dan coumarin di dalamnya. Antioksidan ini berperan dalam melawan radikal bebas dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil.
3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Sebuah sumber menyebutkan bahwa jeruk nipis bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil yang cenderung mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.Pada beberapa kasus, tekanan darah tinggi pada ibu hamil bahkan memicu kejadian pre-eklampsia yang bisa mengancam nyawa ibu dan janin.
4. Menjaga kesehatan mulut
Perubahan hormonal selama kehamilan membuat ibu rentan mengalami gusi berdarah, bahkan ketika sedang menggosok gigi. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis diketahui dapat mengatasi berbagai permasalahan mulut, termasuk gusi berdarah hingga sariawan. Ini karena vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah.
5. Mencegah anemia
Anemia atau kekurangan hemoglobin dalam sel darah merah merupakan kondisi yang sering dikhawatirkan selama kehamilan dan persalinan. Kondisi ini bisa terjadi akibat kekurangan zat besi yang menjadi bahan utama pembentuk hemoglobin. Tidak hanya perlu makanan tinggi zat besi, makanan yang mampu membantu penyerapan zat besi juga dibutuhkan untuk mengatasi anemia. Vitamin C menjadi salah satu nutrisi yang dapat membantu penyerapan zat besi. Itu sebabnya, jeruk nipis juga bisa menjadi salah satu buah yang dikonsumsi untuk mencegah anemia saat hamil.
6. Mengontrol kadar gula dan lemak dalam darah
Kelebihan berat badan hingga diabetes menjadi kondisi yang rentan terjadi pada ibu hamil, bahkan dapat memicu terjadinya komplikasi kehamilan. Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa flavonoid dan polifenol yang diketahui mampu menjaga kadar lemak dan gula dalam darah. Tingginya kadar lemak dan gula dalam darah sendiri menjadi salah satu pemicu kelebihan berat badan dan diabetes saat hamil.
7. Mengurangi mual
Mual dan muntah menjadi salah satu gejala morning sickness yang biasa dialami oleh ibu hamil, terutama di usia kehamilan awal. Jeruk nipis bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil akibat rasa asam yang dimilikinya. Mengisap sedikit irisan jeruk nipis atau permen rasa lemon bisa menjadi solusi mengatasi mual.