BKKBN Kaltim Gandeng BPKP dalam Peningkatan Akuntabilitas dan Tata Kelola Keuangan

Samarinda – “Sebagai mitra dari BKKBN, BPKP berperan penting dalam rangka penerapan tata kelola kepemerintahan yang baik, penyelenggaraan SPIP, penyusunan laporan keuangan yang handal, serta proses pengadaan barang dan jasa serta pengelolaan barang milik negara yang sesuai ketentuan”. Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H. Muhammad Edi Muin, M.Si., seusai melakukan Penandatanganan MoU/Nota Kesepakatan antara Perwakilan BKKBN dengan BPKP Provinsi Kalimantan Timur di Ruang Emerald, Mercure Hotel Samarinda, Senin (10/1).

Lebih lanjut, Edi Muin mengatakan bahwa MoU yang telah ditandatangani meliputi pemberian konsultansi terkait dengan manajemen risiko, pengendalian intern, dan tata kelola instansi. “Selain itu, yang barusan kami tandatangani bersama ini juga mengikat kerjasama Perwakilan BKKBN dan BPKP Provinsi Kalimantan Timur dalam hal pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program yang dapat menghambat kelancaran pembangunan, serta pengoordinasian dan sinergi penyelenggaraan pengawasan intern terhadap peningkatan akuntabilitas dan tata kelola keuangan”, katanya.

Sementara itu,Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, Supriyadi, S.E., MM.,¬†menyambut baik MoU yang telah ditandatangi tersebut dan memberikan komitmen untuk membantu dan menjadi mitra yang bermanfaat bagi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur. MoU ini adalah salah satu wujud dari kesungguhan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur untuk menyelenggarakan tata kelola yang baik atas penyelenggaraan tugas dan fungsinya,” ungkapnya.

Penandatangan MoU ini sendiri adalah salah satu rangkaian dari kegiatan Rapat Koordinasi Peningkatan Akuntabilitas Kinerja yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 10 s.d 12 Januari 2022 dan diikuti oleh 36 orang peserta yang adalah oleh Pejabat Administrator, Koordinator dan Sub Koordinator, serta Pengelola Keuangan, BMN dan Kepegawaian Pewakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur. (Rapsitumorang/Pranata Humas, Foto: Della)