Pemerintah Kota Samarinda dan Kabupaten Paser Raih Panji Keberhasilan Pembangunan Program Bangga Kencana pada Peringatan HUT Ke-65 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022

Samarinda – Pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-65 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022, Gubernur Kalimantan Timur, Dr. H. Isran Noor menyerahkan Panji-panji Keberhasilan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021. Acara yang dihelat pada Senin (10/1) di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Timur, diserahkan sebanyak 55 Panji Keberhasilan Pembangunan Daerah, termasuk pula Panji Keberhasilan Pembangunan Daerah Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana).

Disaksikan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H. Hadi Mulyadi dan jajaran Pemerintah Provinsi serta Forkopimda Kalimantan Timur, Gubernur Isran Noor menyerahkan Panji Keberhasilan Pembangunan Daerah Program Bangga Kencana kepada Walikota Samarinda dan Bupati Paser. “Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten dan Kota yang telah menerima Panji-panji Keberhasilan Pembangunan Daerah. Terus tingkatkan kinerja, pelayanan dan pengabdian, berkarya dan bekerja bahu membahu membangun Provinsi Kalimantan Timur kita ini,” katanya.

Dia pun menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota (Pemkab/Pemkot), juga instansi vertikal/kementerian/lembaga di Kalimantan Timur yang telah membangun kerjasama yang sinergis. “Tema peringatan HUT Kalimantan Timur ini memberikan makna bahwa pembangunan yang telah dilakukan tidak semata-mata untuk memacu pertumbuhan ekonomi, tetapi lebih jauh dari itu, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata. Untuk itu, pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota dituntut untuk terus menjaga kebersamaan, bekerja keras, bekerja tulus, berikhtiar cerdas, bersungguh-sungguh dan konsisten dalam pencapaian target-target pembangunan. Dukungan dan kerja sama semua pihak tentu sangat berarti bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat. Kebersamaan ini harus semakin kita kuatkan ke depannya. Semoga apa yang sudah kita lakukan dan berikan mampu memotivasi kinerja kita semua dalam mewujudkan Kalimantan Timur yang kuat dan berdaulat,” pesan Isran Noor.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H. Muhammad Edi Muin, M.Si, mengapresiasi keberhasilan Pemkot Samarinda dan Pemkab Paser yang telah meraih Panji Keberhasilan Pembangunan Daerah Program Bangga Kencana Tahun 2021. “Selamat untuk Pemerintah Kota Samarinda dan Kabupaten Paser. Mudah-mudahan melalui prestasi yang diterima akan menjadi motivasi untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di daerah, apalagi BKKBN saat ini selain bertanggung jawab dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas, juga mendapatkan amanat dari Presiden Joko Widodo untuk menjadi Nahkoda Penurunan Angka Stunting di Indonesia menjadi 14% di tahun 2024. Insya Allah, dengan komitmen, sinergi, dan kolaborasi semua stakeholder pemerintah, swasta, dan seluruh elemen masyarakat, target tersebut dapat kita capai dengan baik di Provinsi Kalimantan Timur”, ungkapnya.

Sebelumnya Gubernur Isran Noor melalui Surat Keputusan Gubernur Nomor 002/K.650/2021 telah menetapkan Pemkab/Pemkot penerima Panji Keberhasilan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021. Dalam surat keputusan tersebut pula, disampaikan bahwa Panji Keberhasilan Pembangunan Daerah diberikan kepada Pemkab/Pemkot yang berprestasi dan berhasil dalam mengembangkan dan memajukan pembangunan di bidang tertentu yang bermanfaat besar bagi masyarakat di daerah. Tim Penilai Provinsi sendiri dibentuk langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, sementara untuk Tim Penilai Teknis dibentuk di setiap instansi/lembaga pengusul dengan dikoordinir oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur. (Rapsitumorang/PranataHumas, Foto: Teguh Prasetyo/Kominfo)