Depan > Index Berita > TNI Bontang dan Kutim Dukung Program KB dan Pembinaan Keluarga
TNI Bontang dan Kutim Dukung Program KB dan Pembinaan Keluarga
Jumat, 27 April 2018

​Kutim - Tentara Nasional Indonesia (TNI) beserta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berkomitmen dalam mengatasi ledakan jumlah penduduk di Indonesia. Dalam mempercepat revitalisasi program KB di wilayah Bontang dan Sangatta, BKKBN Provinsi Kaltim bersinergi dengan Korem 091/ASN memberikan orientasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada 50 Babinsa Kodim 0908/Bontang dan Kodim 0909/Sangata.

Para Babinsa Bontang dan Kutim sedang menyimak materi yang diberikan tentang Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Aula Kodim Bontang. (FOTO: Kodim Bontang for TIMES Indonesia)

Orientasi ini dilaksanakan di Aula Kodim 0908/Bontang, jalan Awang Long Kelurahan Bontang Baru Kota Bontang, Kalimantan Timur. Pembukaan orientasi dihadiri oleh Kasubid Penyelengara dan Evaluasi BKKBN Kaltim, Kasdim 0908/Bontang, Pasi Binkomsos Korem 091/Asn, Pasi Ter Kodim 0908/Btg, Pasi dan Pers Dim 0908/Btg, Dinkes Kaltim, Dinkes-KB Bontang

Persoalan  kependudukan dan kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab instansi kesehatan dan BKKBN semata, namun juga merupakan tanggung jawab semua elemen bangsa, termasuk TNI. Karena masalah kependudukan tidak hanya berdampak pada jumlah penduduk saja, tetapi juga berdampak pada masalah lain termasuk keseimbangan lingkungan dan ketahanan pangan.

Kasdim 0908/Bontang Mayor Inf Musanif, yang membacakan sambutan Dandim 0908/Bontang Letkol Arh Gunawan Wibisono, mengatakan bahwa materi dan informasi yang disampaikan pada orientasi ini akan memperluas wawasan dan pengetahuan dalam hal kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. 

Melalui Kasdim, Dandim berharap para peserta (Babinsa) dapat terus mendalami permasalahan yang berkembang dan mampu mencari solusi terbaik apabila terjadi permasalahan yang berkaitan dengan keluarga berencana di wilayahnya masing-masing.

Lebih lanjut, ia berpesan agar para Babinsa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. "Catat semua materi yang disampaikan narasumber. Jika ada yang belum jelas agar ditanyakan. Supaya nanti saat kembali ke wilayah binaannya masing-masing tidak ada kesulitan untuk menjelaskan program KKBPK ini," ujar Kasdim Bontang, Kamis (26/4/2018).

Setelah mengikuti kegiatan orientasi ini, diharapkan para Babinsa dapat terus mengajak dan mengadvokasi keluarga, tetangga, mitra Babinsa dan masyarakat untuk mengetahui tentang program KKBPK. 

Peran Babinsa dalam Program ini adalah sebagai Public Relation atau Humas Program KKBPK salah satunya adalah melakukan edukasi kepada masyarakat agar berpatisipasi pada program KKBPK. 

TNI Bontang dan Sangatta, melalui Babinsa masing-masing, siap mendukung prograam KB dan pembinaan keluarga di Kaltim dengan mensosialisasikan program KKBPK kepada masyarakat.