Depan > Index Berita > BKKBN Beri Apresiasi Kelurahan Bukuan
BKKBN Beri Apresiasi Kelurahan Bukuan
Rabu, 31 Januari 2018
IPKB Kaltim – Direktur Pelaporan dan Statistik BKKBN RI,  Rudi Budiman memberi apresiasi kepada aparat kelurahan  dan masyarakat Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda  yang telah menggunakan kemajuan Informasi Teknologi (IT).

” Saya memberi apresiasi terhadap kemajuan Kelurahan Bukuan, yang sudah menggunakan IT untuk mempercepat layanan kepada warganya,” kata Rudi Budiman saat melakukan kunjungan di Kelurahan Bukuan didampingi Kepala BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli.

Ia mengatakan meskipun Keluruhan Bukuan berada di daerah pinggiran, namun Lurah Didi Zulyani mengajak masyarakatnya untuk memanfaatkan IT untuk mempermudah berbagai keperluan  data  kependudukan , migrasi, kegiatan  Kampung KB dan kesehatan.


Menurutnya dengan adanya aplikasi IT sangat bermanfaat,misalnya untuk mengetahui  data kelahiran,  kematian, keikutsertaan ber KB dan  migrasi. Kemajuan seperti ini  baik dikembangkan di daerah lainnya yang terintegrasi dengan Disdukcapil setempat.

Diakui Rudi Budiman, memang ada beberapa  desa  didaerah lain di Indonesia yang  sudah terlebih dahulu memanfaatkan  IT contohnya  di Jogja dan Gorontalo.

Sementara itu Lurah Bukuan Didi Zulyani  menjelaskan ada tiga program yang dikembangkan yakni – e-kelurahan, e-bukuan dan e-suara. E- kelurahan ditujukan bagi operator pelayanan di kelurahan,  e-bukuan  untuk memudahkan warga dalam mengajukan permohonan. Sedangkan e-Suara ditujukan bagi ketua RT agar tak kesulitan dalam memberikan pengantar.

“Kami juga dalam menggerakkan masyarakat mengirimkan pesan-pesan  tentang KB ,  Posyandu,  termasuk informasi-informasi  tentang Kelurahan Bukuan,” katanya.

Didi menambahkan pihak kelurahan  juga menjaring  beberapa kelompok  yakni kelompok orang tua, (Lansia)  Pasangan Usia Subur (PUS). Khusus  remaja dilakukan pembinaan dan penyuluhan agar kegiatan mereka kearah positif.

Masyarakat dan aparat Kelurahan Bukuan yang memanfaatkan IT  mendapat dukungan dari Camat Palaran Suwarso , karena dengan teknologi dapat mempermudah dan mempercepat sosialisasi program-program pemerintah.

Ia mencontohkan dalam hal pendataan keluarga, Kelurahan Bukuan termasuk tercepat, karena didukung  IT ,  serta  terjalin kerjasama antara warga dan para kader, petugas, PLKB serta pihak  Puskesmas.

“Pemanfaatan   kemajuan IT  di Kelurahan Bukuan perlu dicontoh  daerah lain, karena dapat mempermudah masyarakat maupun aparat pemerintahan desa/kelurahan,” kata Suwarso (*)