Depan > Index Berita > PPKB Kutai Timur Gelar Pemutakhiran Data Keluarga, 3 Kecamatan Jadi Sasaran Awal
PPKB Kutai Timur Gelar Pemutakhiran Data Keluarga, 3 Kecamatan Jadi Sasaran Awal
Senin, 25 September 2017
SANGATTA – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) siap lakukan Pendataan Baru Data Keluarga Indonesia (PBDKI) 2017. Sosialisasi program pemutakhiran data keluarga tersebut dilakukan di ruang pertemuan PPKB, Selasa (19/9/2017) lalu. Pemutakhiran data oleh PBDKI 2017 akan menyasar tiga kecamatan lebih dulu, yaitu Sangatta Utara, Teluk Pandan serta Kecamatan Bengalon, melibatkan 75 petugas di antaranya kader KB, Karang Taruna dan mahasiswa di wilayah masing-masing.

Kadis PPKB Hj Aisyah HD mengungkapkan PBDKI merupakan sistem informasi keluarga yang dapat memperkuat program kependudukan dan KB dalam pembangunan keluarga di semua lini, sehingga dapat terbentuk pembangunan keluarga yang berkualitas. Tujuan utamanya menuju satu data keluarga secara nasional. Pendataan keluarga didesain untuk memenuhi kebutuhan data basis keluarga secara nasional. Selama ini tidak ada basis data keluarga, termasuk profil Pasangan Usia Subur, pada hasil survei atau sensus nasional.

kutim.png

“Banyak agenda pembangunan yang menjadikan keluarga sebagai sasaran program generasi berencana,  melalui persiapan pengaturan waktu kehamilan dan menikah di usia yang direkomendasikan, dapat mewujudkan pembangunan keluarga berkualitas,” kata Aisyah. Dalam pendataan keluarga dan pemutakhiran data, PPKB Kutim menargetkan dapat menyelesaikan 15 ribu data kepala keluarga yang akan dilaksanakan pada Oktober mendatang.

Senada, Kepala Seksi (Kasi) Data Informasi Pengendalian Penduduk Agustina menyampaikan PBDKI 2017 dilakukan guna menvalidkan data hasil pendataan keluarga (PK) 2015, di mana PBDKI saat ini fokus pada keluarga belum tercatat di 2015 dan proses tersebut juga siap menyasar wilayah yang telah terbentuk kampung keluarga berencana (KB).