Depan > Index Berita > Kuncari dan Rahmadi Raih Juara Lomba Penulisan Kreatif Tentang Pendidikan Kependudukan Tahun 2013 Tk. Provinsi Kalimantan Timur
Kuncari dan Rahmadi Raih Juara Lomba Penulisan Kreatif Tentang Pendidikan Kependudukan Tahun 2013 Tk. Provinsi Kalimantan Timur
Rabu, 24 Juli 2013

​Samarinda (BKKBN Kaltim Online) - Kuncari Isnawati dan Rahmadi Wijaya berhasil menjadi Juara I Lomba Penulisan Kreatif Tentang Pendidikan Kependudukan Tahun 2013 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digelar oleh Perwakilan Badan Kepen-dudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim tentang kependudukan. Hal ini disampaikan oleh, Kasubbid. Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Ronny A. P. Situmorang, S.Sos., MA., belum lama ini.

 

“Sebanyak 44 artikel dari seluruh wilayah Kalimantan Timur telah dikirimkan ke panitia lomba, kemudian tim juri melakukan penilaian, dan akhirnya ditetapkanlah para pemenang”, pungkas Ronny.

 

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Drs. Jufri Yasin, MM., mengungkapkan peran BKKBN saat ini tidak hanya berbicara tentang pembatasan atau pengaturan angka kelahiran tapi BKKBN juga memiliki program tentang kesejahteraan rakyat, mengajak remaja menunda pernikahan, menjauhi narkoba dan mengajak pemuda merencanakan pernikahan dengan matang agar keluarga bisa hidup damai dan sejahtera.


“Saat ini Indonesia dalam kondisi tak stabil karena banyak masalah, seperti kependudukan, remaja, kesehatan, penyimpangan seks, nafza dan penyebaran virus HIV/AIDS. Hal itu justru menambah masalah bangsa. Bahkan, masalah kompleks lainnya yang dihadapi bangsa adalah tingkat kesejahteraan keluarga yang masih rendah dengan tingkat laju pertumbuhan penduduk tinggi akan muncul masalah sosial”, terang Jufri.

 

Terkait lomba ini, lanjut Jufri, kami ingin mengajak remaja dan generasi dewasa muda untuk memahami serta peduli terhadap masalah dihadapi bangsa akhir-akhir ini.

 

“Lomba penulisan kreatif tentang pendidikan kependudukan ini digelar dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan para generasi muda di Kalimantan Timur terhadap isu dan permasalahan kependudukan yang dihadapi di Indonesia pada umumnya dan di Kalimantan Timur secara khusus”, kata Jufri.

Berikut ini adalah nama-nama pemenang Lomba Penulisan Kreatif Tentang Pendidikan Kependudukan Tahun 2013 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur yaitu untuk kategori usia 15-19 tahun adalah Kuncari Isnawati (Juara I), Fitria Noriza (Juara II), dan Anita Hapsari (Juara III) dan untuk kategori usia 20-24 tahun adalah Rahmadi Wijaya (Juara I), I Gede Bayu Putra Wibowo (Juara II), dan Sandy Bubun (Juara III). (rapsitumorang)