Rapat Kerja Badan Koordinasi Kehumasan (BAKOHUMAS) Kalimantan Timur

Samarinda – Humas Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Timur menghadiri kegiatan yang diadakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur yaitu Rapat Kerja Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) dengan tema “Peran Kehumasan Dalam Menyongsong Provinsi Kalimantan Timur Sebagai Ibu Kota Negara” di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kalimantan Timur, pada Kamis (14/10/2019).

Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi menyampaikan sambutannya melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Diddy Rusdiansyah. “Maksud dan tujuan pelaksanaan raker bakohumas ini adalah sebagai ajang silaturahmi bersama pengelola kehumasan, dan disamping itu bertujuan agar pekerja humas dapat bekerja dengan professional di bidangnya serta bertujuan mensinergikan program / kegiatan di bidang kehumasan dalam rangka menyongsong Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara.”

Diskominfo mengundang Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho sebagai pembicara untuk sharing kepada para Humas yang hadir di Ruang Ruhui Rahayu. Wisnu Nugroho menjadi wartawan Harian Kompas sejak 2001, pernah pula menjadi wartawan Istana Kepresidenan di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Wisnu Nugroho kemudian menjadi Pemimpin Redaksi Kompas.com sejak tahun 2016.

Wisnu mengajak audience untuk menggunakan smartphone mereka yang tersambung dengan internet untuk mengakses materi yang akan disampaikan melalui canva.com. Wisnu mengajak audiens mengupas apa saja yang akan dihadapi Humas di era revolusi 4.0 mulai dari problem dan tantangan yang semakin besar dan solusi apa yang bisa dilakukan dalam menghadapi hal itu. Wisnu juga menekankan pentingnya menguasai dan memamhami apa yang sebenarnya dibutuhkan audiens dalam membuat konten sebagai Humas Pemerintahan.

Selain itu ada pula I Made Kertayasa dari LPP TVRI Samarinda yang menyampaikan materi tentang Public Speaking kepada Humas se-Kaltim yang hadir pada saat itu. Made mengajak para praktisi humas agar memperhatikan penampilan dan memperhatikan body language saat berbicara di depan publik maupun saat berhadapan dengan lawan bicara. Kemudian kegiatan ditutup setelah rapat pembentukan tim pengurus BAKOHUMAS Kaltim.