Songsong Generasi Emas Menuju 100 Tahun Indonesia Merdeka

Samarinda – Perwakilan BKKBN Kalimantan Timur melalui Bidang Pengendalian Penduduk mengadakan Sosialisasi Pedoman dan Materi Pendidikan Kependudukan pada Satuan Pendidikan dan Mitra Terkait Provinsi Kaltim dan Kaltara dengan Tema “Dengan Peduli Kependudukan, Kita Songsong Generasi Emas Menuju 100 Tahun Indonesia Merdeka.” Kegiatan yang dihadiri Kepala Sekolah dan Guru dari berbagai SMP dan SMA dari Kaltim dan Kaltara dilangsungkan di Hotel Selyca Mulia Samarinda 9-11 Oktober 2019.

Kasubid Kerjasama Pendidikan Kependudukan Lilik Nurkholidah mengatakan “Dalam konteks pendidikan kependudukan jalur formal penerapan pendidikan kependudukan dilaksanakan melalui pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan di tingkat SMA dan SMP serta gerakan Literasi Kependudukan pada tingkat SD.”

“Pendidikan Kependudukan pada jalur formal merupakan suatu upaya pendidikan kependudukan pada ASN melalui jalur pendidikan dan pelatihan agar memiliki wawasan kependudukan yang merupakan dasar dalam merumuskan kebijakan melalui kerjasama dan lembaga diklat pemerintahan, pelaksanaan pendidikan kependudukan pada jalur formal di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pada saat ini masih belum cukup menggembirakan ” lanjutnya.

Kalimantan Timur sendiri telah dibentuk Sekolah Siaga Kependudukan di tingkat SMP dan SMA. Namun jumlahnya masih kurang, seperti yang disampaikan Lilik Nurkholidah bahwa masih ada 3 Kab/Kota yang belum dibentuk Sekolah Siaga Kependudukan. Oleh sebab itu BKKBN Kaltim melakukan sosialisasi dengan Institusi Pendidikan terkait agar ada tindak lanjut mengenai hal tersebut.

“dan di Kalimantan Timur saat ini baru terbentuk di 7 Kab/Kota yaitu di Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kukar, PPU, Paser, dan Kab. Kubar, dan untuk 3 Kab lain belum ada pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan sehingga dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan komitmen kerjasama penerapan pendidikan kependudukan di jalur formal melalui sekolah siaga kependudukan maka Sosialisasi Pedoman dan Materi Pendidikan Kependudukan pada Satuan Pendidikan Provinsi Kaltim dan Kaltara penting untuk dilaksanakan” ujar Lilik Nurkholidah.

Plt. Kabid Pengendalian Penduduk Sudibyo memberikan arahan sekaligus membuka acara Sosialisasi Pedoman dan Materi Pendidikan Kependudukan pada Satuan Pendidikan Provinsi Kaltim dan Kaltara secara resmi. Ia mengatakan dalam sambutannya “Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sehingga pada sore hari ini kita bisa berada di ruangan ini dalam keadaan sehat wal’afiat”

“Sebagaimana amanat UU No. 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, penduduk dapat menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan. BKKBN mempunyai tugas untuk melaksanakan pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana, tugas BKKBN ini bertujuan untuk mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara jumlah penduduk dengan lingkungan hidup, baik yang berupa daya dukung alam maupun daya dukung lingkungan serta kondisi perkembangan sosial dan  budaya, berdasarkan amanat UU tersebut BKKBN menjadi garda terdepan dalam menghadapi, merespon, dan mengelola isu-isu kependudukan” jelas Sudibyo.