Bupati Kutai Kartanegara Resmikan Balai Bersama Kampung KB Jembayan Tengah

Tenggarong –  Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi Sekda Kukar Songgono, meresmikan Balai Bersama Sekretariat Kampung KB (Keluarga Berencana) Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu. Peresmian ditandai pemotongan tumpeng dan pembukaan tirai plang nama, Jum’at (27/9/2019).

“Saya meminta balai bersama sekrtariat Kampung KB Jembayan Tengah ini dapat dimanfaatkan dengan baik, mensosialisasikan dan membimbing masyarakat terkait dengan kesehatan reproduksi”, kata Edi.

Menurut dia, keberadaaan balai bersama Kampung KB Jembayan Tengah tersebut sangat penting.

“Kehadiran balai bersama Kampung KB diharapkan dapat memotivasi masyarakat setempat, peduli akan kesehatan reproduksinya, dan para kader posyandu dapat memberikan berbagai penyuluhan terkait dengan keluarga berencana,” ujarnya.

Selain itu, balai bersama ini juga akan membawa dampak positif dalam berperilaku hidup sehat sehingga menjadi masyarakat berkualitas, beragama, beradab serta memiliki jiwa yang sehat.

“Rawat, jaga dengan baik balai bersama Kampung KB. Saya juga minta Kades Jembayan Tengah agar terus bersinergi dengan stakeholder dan dunia usaha lainnya, kembangkan kegiatan-kegiatan di balai bersama Kampung Kb. Berikan dukungan, sehingga apa yang diharapkan dalam pelayanan masyarakat dapat terwujud dan berjalan dengan lancar,” harap Edi.

Untuk diketahui, secara umum tujuan KB tidak hanya dilakukan untuk menekan jumlah kelahiran bayi, melainkan meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan mengendalikan kelahiran, sekaligus menjamin terkendalinya pertumbuhan penduduk.

Adapun tujuan khususnya yakni meningkatkan jumlah penduduk untuk menggunakan alat kontrasepsi, menurunnya jumlah angka kelahiran bayi, meningkatnya kesertaan keluarga berencana. Menjalani program KB sangat bermanfaat bagi pasangan suami istri, selain mengatur kelahiran, juga bermanfaat mengurangi risiko penyakit hingga gangguan mental.

(Sumber : Koran Kaltim)