Ciptakan Keturunan Berkualitas Dengan Wawasan Kependudukan

Samarinda – Dalam rangka menjalankan program KKBPK di bidang Pengendalian Penduduk maka pada Jumat (27/9) Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur melalui Kasubid Analisis Dampak Kependudukan Maria didampingi Lilik Nurkholidah selaku Kasubid Pengendalian Penduduk mengadakan Sosialisasi Register Pengendalian Penduduk di Kampung KB Gerbang Bendera di Desa Jembayan Tengah, Kec. Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Profil dan Parameter Perencanaan Pengendalian Penduduk dalam rangka Sosialisasi Register Pengendalian Penduduk di Kampung KB Gerbang Bendera juga dihadiri dan dibuka oleh Adinur selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kutai Kartanegara.

Adinur membuka kegiatan dengan mengatakan “BKKBN itu milik Provinsi milik Pusat tapi di Kabupaten Kota namanya Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) tugas kita sama, jadi kita mengatur sejak 1000 hari pertama kehidupan”. Ia juga menyatakan pentingnya memiliki keturunan yang berkualitas yang bisa membangun Kutai Kartanegara saat generasi sudah berganti.

Hal tersebut dapat diwujudkan apabila program yang dijalankan BKKBN Kaltim bersama dengan Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara bersinergi dengan baik. Salah satunya dengan adanya Kampung KB Gerbang Bendera ini. Di dalamnya terdapat Pojok Kependudukan yang berisi buku-buku tentang wawasan kependudukan dan Rumah Data yang berisi informasi demografi dari lokasi Kampung KB berada.

Rumah Data adalah program baru dari BKKBN, Lilik Nurkholidah mengatakan “harapannya Kampung KB ini jadi Kampung KB percontohan” dengan adanya rumah data dan pojok kependudukan yang memiliki kelengkapan data. Disela kegiatan sosialisasi dilaksanakan pembentukkan Pengurus Rumah Data Kependudukan, yang melibatkan kader-kader Kampung KB dan dipimpin oleh Endang Lestari salah seorang PLKB (Penyuluh Lapangan KB).

Dalam kesempatan itu pula Lilik Nurkholidah menyerahkan sejumlah buku bacaan untuk mengisi Pojok Kependudukan di Kampung KB Gerbang Bendera. Ia berharap agar buku tersebut dapat dimanfaatkan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan di Kampung KB Gerbang Bendera kedepannya.

Written by dla