107 Peserta Ikuti Jambore Genre Kaltim

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim menggelar Jambore Generasi Berencana (Genre) dengan diikuti sebanyak 107 remaja terpilih dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, resmi dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli, Rabu (25/9).

Kegiatan yang digelar sejak Rabu (25/9) hingga Jumat (27/9), di salah satu hotel di kawasan Jalan Pahlawan, Samarinda ini mengusung tema “Generasi Berencana, Berani untuk Berdaulat, Indonesia Maju”. Eli Kusnaeli mengatakan acara tersebut merupakan sebuah penghargaan terhadap Genre Kaltim yang telah membantu BKKBN dalam menyemarakkan tentang program KB dan fungsi keluarga.

Ia mengharapkan setelah mengikuti kegiatan ini para Genre dapat menyebarluaskan program terkait penyiapan kehidupan berkeluarga, seperti menghindari seks pra nikah dan menjauhi narkoba.

“Nah jadi kita akan me-refresh dan mengedukasi, intinya adalah bagaimana mereka itu menghindari pernikahan dini. Bagaimana mereka itu punya pengetahuan keterampilan dan sikap untuk tidak melakukan seks pra nikah dan mereka punya pengetahuan keterampilan dan sikap yang positif untuk menghindari narkoba,” katanya.

Program ini pun diharapkan dapat membantu remaja dalam menghadapi permasalahan hidupnya saat ini dan merencanakan masa depannya secara matang. “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa remaja adalah generasi penerus. Oleh karenanya para remaja perlu dipersiapkan untuk menjadi lebih baik dan berkualitas,” imbuhnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diikuti sebanyak 107 peserta, diantaranya Samarinda 15 orang, Kota Balikpapan 15 orang, Kota Bontang 15 orang, Kabupaten Kutai Kartanegara 10 orang, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) 8 orang, Kabupaten Paser 8 orang, Kabupaten Kutai Barat 12 orang, Kabupaten Mahulu 8 orang, Kabupaten Kutai Timur 8 orang dan Berau 11 orang.