Konsolidasi Perencanaan Anggaran Tahun 2020 Program KKBPK

BKKBN menyelenggarakan kegiatan Konsolidasi Perencaaan dan Anggaran (Koren ) II Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Tahun Anggaran 2020, dengan tema “Penajaman Kegiatan Proritas Berbasis Data untuk Percepatan Capaian Kinerja Program Anggaran Tahun 2020 sebagai Landasan Awal Pelaksanaan Renstra BKKBN 2020-2024″.  Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) pada hari Senin (16/09) di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya.

Koren II bertujuan menyusun Program kegiatan dan anggaran dalam mendukung pencapaian RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Tahun 2020 yang telah diformulasikan dalam 2 kebijakan program KKBPK yaitu meningkatkan akses dan kualitas pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi serta menguatkan Tata Kelola Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan meningkatkan akses terhadap layanan dan data kependudukan, dengan strategi pemanfaatan data dan informasi kependudukan serta pendataan keluarga.

Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si Gubernur Jawa Timur dalam sambutannya pada kegiatan pembukaan Koren II ini mengharapkan agar seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik dan memiliki daya ungkit dalam upaya pencapaian target/sasaran yang telah ditetapkan”.

Pada tahun 2020 BKKBN harus dapat mensukseskan Pelaksanaan Pendataaan Kelurga (PK) 2020 dan Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia bersama pemerintah daerah. Kedua, memanfaatkan modalitas data yang dimiliki atau melakukan data sharing agar manfaat kegiatan tepat sasaran serta berimplikasi pada pada upaya penurunan TFR dan unmet need.