Perwakilan BKKBN Kaltim Silaturahmi dengan Bupati Kutai Kartanegara

TENGGARONG –Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur Eli Kusnaeli, di dampingi Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kutai Kartanegara Mastukah, bersilaturahmi dengan Bupati Kukar Edi Damansyah, Senin (13/5) di ruang Kerja Bupati. Eli Kusnaeli mengatakan, selain silaturahmi, bahwa kedatanganya ke Kukar merupakan bentuk apresiasinya kepada Pemkab Kukar yang telah berhasil dan mencapai sasaran dalam program pemberdayaan penduduk dan KB.
Selain itu juga ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Kukar atas arahan dan perhatianya dalam upaya pengembangan Kampung KB. Kampung KB merupakan program percontohan guna mewujudkan keluarga yang berlualitas.  “Karena bila keluarga berkualitas nantinya akan lahir Sumber daya  yang berkualitas seperti  anak yang berkualitas,” ujarnya.
Menurutnya, masyarakat Kukar sangat semangat dalam program pemberdayaan penduduk dan KB, tetapi semangat saja itu tak cukup harus ada sitem dan metode yang efektif dalam upaya mewujudkan keluarga yang  sejahtera, salah satunya adalah penyuluh lapangan KB sebagai pembimbing sangat diperlukan. Eli juga menjelaskan bahwa salah satu masalah terbesar di Kukar adalah masalah tenaga penyuluh  yang sangat minim. Dari  237 desa  hanya ada 44 orang penyuluh lapangan KB dan yang berstatus PNS hanya 26 orang.  “Setidaknya untuk  1 orang penyuluh maksimal mengarap 2 desa, tetapi lebih baik bila 1 desa ya satu orang penyuluh KB,” katanya.
Ia mengusulkan kepada Bupati untuk menambah tenaga penyuluh lapangan KB karena Kukar masih kekurangan tenaga,  paling tidak sekitar 88 orang di perlukan untuk menjadi penyuluh lapangan KB. Nantinya BKKBN akan melatih tenaga yang telah ditunjuk sehingga tugas yang akan dilaksanakan sesuai dengan standar dan cita- cita untuk mewujudkan keluarga sejahtera akan tercapai. Eli berharap penyuluhan bisa berjalan dengan efektif sehingga dinamika masyarakat Kukar yang sudah baik dan semangat bisa dibimbing sesuai dengan standar, sehingga upaya-upaya  melaksanakan fungsi keluaraga  yang sudah dikunci diperaturan pemerintah dapat berjalan dengan baik.
Dalam Kesempatan itu pula Ia meminta kepada Bupati Kukar untuk menjadi Tuan Rumah Hari Keluarga Nasional tingkat Provinsi tahun 2020, sedangkan pada tahun 2019 ini hari Keluarga Nasional tingkat Provinsi akan dilaksanakan di kabupaten Kutai Barat. Sementara, Bupati mengucapkan selamat datang kepada Eli Kusnaeli. Edi kemudian mengapresiasi dukungan perwakilan BKKBN Kaltim atas program Kampung KB serta program Pemberdayaan Penduduk dan KB yang ada di Kukar.
Kemudian, terkait maslah kekurangan tenaga penyuluh, Edi berencana akan mengakomodir tenaga Harian Lepas (THL) (sebutan untuk honorer di Kukar) untuk di latih menjadi tenaga penyuluh lapangan KB. Untuk itu, Edi meminta kepada perwakilan BKKBN Kaltim untuk bekerja sama melatih para penyuluh agar sesuai dengan standar yang diperlukan.  “Kukar banyak memiliki THL sehingga tak perlu lagi perekrutan baru, kita optimalkan saja tenaga THL yang ada untuk menunjang program tersebut,” ungkap Edi.
Edi berharap, nantinya para penyuluh berkemampuan sesuai dengan standar dan BKKBN bisa melakukan pelatihan sesuai stadar yang diperlukan. “Saya harap  nantinya penyuluh lapangan KB yang terpilih bisa bekerja sesuai dengan standar, karena tak mudah menjadi seorang penyuluh harus memiliki keterampilan  yang  memadai,” harapnya. Edi juga menyetujui penunjukan Kukar menjadi tuan rumah pada hari Keluarga Nasional tingkat Provinsi tahun 2020. (yuliati-medsi03)*.
Sumber : humas.kukarkab.go.id