BKKBN Kaltim Berikan Pelatihan Sistem Informasi Keluarga (SIGA) Kepada OPD KB Se-Kalimantan Timur

Samarinda, Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur memberikan Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Informasi Keluarga (SIGA) bagi pengelola data dari instansi terkait di kabupaten/kota se Kaltim yang berlangsung di ruang belajar BKKBN Kaltim, Jalan MT. Haryono Samarinda, Senin (22/7/2019).

Seusai membuka acara, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli mengatakan data dan informasi keluarga yang dikelola melalui Sistem Informasi Keluarga (SIGA) diperlukan dalam rangka pelaksanaan perkembangan Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Bahkan, hal ini diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan KKBPK.

Menurutnya hingga saat ini pelaksanaan SIGA tidak menuai kendala yang berarti, meskipun hasil akurasi harus lebih ditingkatkan.

“Sementara ini pelaksanaan SIGA berjalan dengan lancar, tapi akurasi harus ditingkatkan lagi. Sehingga antara hasil survei dan hasil statistik rutin yang dilakukan melalui siga itu rentangnya tidak terlalu jauh”kata Eli.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN Kaltim Harlan Lelana menjelaskan kegiatan ini iikuti sebanyak 30 peserta yang akan berlangsung selama 4 hari.

Sumber : rri.co.id