241 views

Rapatkan Barisan Internal, BKKBN Kaltim Gelar Rapat Pembentukan Tim Posko Pendataan Keluarga 2021 Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

Samarinda – “Hasil Pendataan Keluarga 2021 (PK21) nanti akan menjadi kekayaan daerah dalam membuat kebijakan pembangunan ke depan karena data yang akan dihasilkan adalah data mikro yang merupakan data penting untuk dijadikan rujukan”. Demikian kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H. Muhammad Edi Muin, M.Si., kala memberikan arahan saat Rapat Pembentukan Tim Posko PK2021 Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Selasa (5/1).

Disampaikannya, data adalah kompas yang membuat program kita jadi terarah. “Program berkualitas berawal dari data berkualitas. Karena itu, mari kita persiapkan sebaik-baiknya. Bekerja keras dengan penuh semangat dan komitmen tinggi untuk mensukseskannya hajatan kita ini”, kata Edi Muin.

Edi Muin juga mengungkapkan bahwa yang hasi dari PK2021 bukan hanya untuk BKKBN dan Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana) semata. “PK2021 akan menghasilkan data mikro “by name by address”. Dengan data ini kita bisa mengetahui lokasi keluarga itu berada dan bagaimana bentuk treatment-nya. Ini juga bisa digunakan untuk mendiagnosa kemiskinan, ketertinggalan pembangunan hingga keluarga berkualitas dengan kondisi yang berbeda-beda antar wilayah. Oleh karena itu, hasil dari PK2021 bisa juga dimanfaatkan oleh stakeholder terkait lainnya”, ungkapnya.

Rapat yang berlangsung mulai pukul 9 s.d 11 ini dihadiri kurang lebih 30 peserta yang terdiri atas seluruh Koordinator Bidang, seluruh Koordinator Sub Bidang, dan beberapa orang Analis di Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur. (rapsitumorang/PenataKKB/AKIE)