55 views

Warga Samarinda Seberang Antusias Ikuti Layanan KB Gratis

Samarinda – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII 2020 terasa sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Namun, BKKBN tetap harus lebih dekat dengan masyarakat. Karenanya, BKKBN menggelar pelayanan KB serentak sejuta akseptor serentak seluruh Indonesia, Senin (29/6).

Harganas dimaksudkan untuk mengingat pentingnya peran keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara seluruh masyarakat Indonesia. Harganas ke XXVII diperingati di tengah situasi pandemi Covid-19, sehingga memberikan suasana berbeda.

Dengan mengusung tema “Melalui Keluarga Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju”. Sementara tema khususnya yakni “BKKBN Baru dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir di Dalam Keluargamu” dengan tagar #KeluargaHebatTerencana #JadiKeluargaKeren #BerencanaItuKeren.

Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda dr Dwi Nilasari mengharapkan agar pelayanan KB gratis ini dapat tepat sasaran dan selama pandemi Covid-19 ini dikhawatirkan adanya baby boom atau ledakan kelahiran di masyarakat lantaran pembatasan pelayanan KB di sejumlah faskes.

“Alhamdulillah, kita lihat untuk di Samarinda Seberang ini begitu antusias khususnya pada pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang yang melebihi target. Pada alat kontrasepsi lainnya juga cukup banyak yang mendaftar,” terangnya. Dalam pelaksanaannya, para peserta maupun petugas tetap menerapkan protokol kesehatan selama pelayanan berlangsung.

Sementara Camat Samarinda Seberang Darmawansyah menilai warganya cukup antusias mengikuti layanan KB tersebut. Terlihat dalam data yang didapat banyaknya warga yang melebihi target dalam pemasangan alat kontrasepsi MKJP ataupun lainnya.

“Dari data yang ada, peserta sudah melampaui target yang ada. Dari target 301 akseptor tetapi yang mendaftar sebanyak 443,” sebutnya. Ia pun berharap agar tidak pada kegiatan ini saja antusias warga terhadap pemasangan alat kontrasepsi, tetapi kesadaran warga untuk terus ber-KB.

Sebagai informasi, sebanyak 443 warga begitu antusias mengikuti layanan KB gratis di Puskesmas Baqa Jalan La Madukeleng, Samarinda Seberang. Diantaranya pemasangan IUD sebanyak 37 akseptor, implan sebanyak 57 akseptor, suntik sebanyak 75 akseptor, pil sebanyak 198 akseptor, dan kondom sebanyak 76 akseptor. (adv/nch/nin).

Sumber : https://sapos.co.id/2020/06/29/warga-seberang-antusias-ikuti-layanan-kb-gratis/