Tes CPNS Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim, Satu Formasi Diperebutkan 36 Pelamar

BALIKPAPAN – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim melakukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 ini untuk satu formasi. Formasi tersebut adalah Auditor Ahli Pertama yang akan bertugas di perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim, Al Khafid Hidayat menjelaskan, pihaknya memang hanya membuka satu formasi meski sebenarnya kebutuhan di BKKBN cukup banyak, terutama untuk petugas lapangan.

“Karena Kaltim Kaltara 1.520 desa, padahal formasi yang ada hanya 255. Sebenarnya selisihnya cukup banyak. Kalau yang mengikuti ujian di sini jumlahnya 54, tapi formasi ini bukan hanya Kaltim saja. Kaltim hanya 36,” sebutnya.

Itu artinya satu formasi auditor diperebutkan 36 orang. Sementara sisanya mengikuti untuk provinsi lain, namun ikut tes di Kaltim. Karena memang diperbolehkan. Mereka akan bertugas sesuai dengan yang mereka pilih.

Kemarin Minggu (16/2) para pelamar yang memperebutkan satu posisi di BKKBN perwakilan Kaltim tersebut mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) di Kantor UPT BKN Balikpapan di Jalan Marsma R Iswahyudi, Balikpapan Selatan. Nantinya dari 36 orang tersebut akan dipilih 3 orang dengan nilai tertinggi yang akan lanjut mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB).

“Selanjutnya untuk SKB belum diketahui lokasinya. Namun kita mengacu tahun sebelumnya kemungkinan teks tersebut akan dilaksanakan bulan depan,” harapnya. Namun dirinya mengaku belum tahu persis. Pasalnya pada tahun ini ada kebijakan baru terkait CPNS.

Terlebih tak lama lagi juga akan ada penerimaan CPNS 2020. Mengetahui apakah ada kemungkinan SKB bakal dimajukan atau tidak. “Yang penting kita menunggu jadwal dari pusat,” katanya.

Dalam tes CPNS dibagi menjadi dua sesi, yang pertama dimulai pukul 13.00 Wita, kemudian sesi kedua pukul 14.30 Wita. Untuk posisi ini kualifikasi yang dibutuhkan adalah ilmu hukum, ekonomi akuntansi, atau statistik. Sementara itu beberapa pelamar berasal dari penjuru Kaltim, ada yang berasal dari Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara, Balikpapan, maupun Penajam Paser Utara (PPU).

Sumber : Balpos.com