Launching Program Madrasah Siaga Kependudukan

Samarinda – Mewujudkan generasi berkualitas dan berkompetensi, MAN 1 Samarinda dibawah naungan Kantor Wilayah Kemenag Kaltim melakukan kerja sama bersama Perwakilan BKKBN Kaltim dan melaunching program Madrasah Siaga Kependudukan (Masiduk), Selasa (4/2).

Kepala MAN 1 Samarinda Umi Puji Astutik mengatakan, madrasahnya melakukan kerja sama dan penandatangan MoU antara MAN 1, Kanwil Kemenag Kaltim dengan Perwakilan BKKBN Kaltim dalam rangka peresmian Masiduk. “Program ini untuk menyiapkan generasi muda kita agar menjadi generasi berkualitas. Dapat menyiapkan kehidupan mereka kedepannya agar benar-benar bisa menjadi generasi berkualitas semuanya serba dipersiapkan. Dari kompetensinya, tanggung jawabnya menuju kehidupannya yang lebih baik,” katanya.

Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor mengungkapkan generasi yang unggul adalah generasi yang berkualitas. Generasi yang berkualitas yang disiapkan BKKBN yang sangat konsen terhadap kualitas sumber daya manusia. “Hal ini penting bahwa kehadiran BKKBN bukan berarti adalah mencampuri kurikulum madrasah, akan tetapi untuk memperluas khasanah keilmuan pengetahuan madrasah. Jadi anak-anak akan diajarkan bagaimana pengendalian penduduk, kesehatan reproduksi dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Ia pun menuturkan selalu memberikan kesempatan dan peluang kepada semua madrasah untuk lebih maju, termasuk menjalin kemitraan salah satunya di bidang kependudukan dengan BKKBN Kaltim.

“Saya kira ini bagian dari motivasi dan dorongan kita kepada madrasah. Setiap madrasah perlu berinovasi, berkreasi, serta berlomba-lomba meningkatkan kualitas masing-masing. Ini nanti akan menjadi salah satu pengetahuan yang masuk ekstrakurikuler dan nantinya akan disisipkan bagaimana kualitas kehidupan generasi mendatang,” tambahnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli menjelaskan, Masiduk merupakan program bagaimana menyelesaikan berbagai masalah kependudukan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia sehingga para remaja, pemuda maupun siswa khususnya di MAN 1 Samarinda bisa menjadi SDM potensial ke depan untuk membangun bangsa dan negara, khususnya di Kalimantan Timur.

Sumber : https://samarinda.prokal.co/read/news/19326-launching-program-madrasah-siaga-kependudukan